Dailami Firdaus, Pelaku UMKM Harus Mengimplementasikan Empat Pilar

Anggota MPR DPD RI Prof. Dr. H. Dailami Firdaus, berharap para pelaku UMKM dapat mensosialisasikan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang berasal dari Empat Konsensus Dasar bangsa Indonesia, yakni Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

“Sederhana saja cara mensosialisasikannya seperti, melibatkan keluarga maupun tetangga dalam prosesnya, menjaga mutu produk dan kebersihannya, memberikan peluang kerja, serta tidak mengunakan bahan terlarang didalam proses produksinya, hal ini merupakan sedikit contoh sederhana tindakan para pelaku UMKM dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila,” ujar Bang Dailami dalam keterangan tertulis, Minggu (16/4/2023).

Anggota DPD RI asal Provinsi Jakarta ini menerangkan, politik, ekonomi, dan kebudayaan, ketiganya memiliki keterkaitan satu sama lain dan juga saling memiliki keterikatan yang tak bisa dilepaskan.

“Dengan peran serta pelaku UMKM, terutama yang sudah tergabung dalam Forum UMKM Jakarta dapat dan mau mengimplementasikan apa yang terkandung didalam ke empat pilar tersebut, terutama poin didalam Pancasila, maka perwujudan akan hadirnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia akan terwujud secara utuh”, Ucapnya.

Karena saya sangat yakin bahwa roda perekonomian akan berjalan dengan baik dan benar bila kita semua mampu melaksanakan apa apa yang terkandung didalam pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tersebut serta segala permasalahan sosial dimasyarakat akan mudah tertangani karena semua memiliki kesadaran yang sama yaitu berkomitmen menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Tutup Bang Dailami. ***