BANG DAILAMI, SOSIALISASI 4 PILAR MENGUATKAN JATI DIRI BANGSA

Jakarta – Prof. Dr. H. Dailami Firdaus Anggota MPR DPD RI dapil Provinsi DKI Jakarta menyatakan bahwa penempatan Identitas nasional adalah suatu hal yang sangat penting, terutama disaat ini, selasa (18/7/2023).

Para pemuda harus dapat memfilter secara baik dan utuh serta memilih dan memilah mana yang sesuai dengan karakteristik daripada budaya bangsa dan yang mampu diterima masyarakat luas. Pemikiran pemikiran luar yang begitu agressif masuk dengan mudah kedalam bisa diibaratkan laksana dua mata pisau yang sangat tajam.

Bila kita salah menyerap dan mengunakan maka hasilnya jelas akan berdampak negatif bagi diri kita dan masyarakat tentunya. Oleh karena itu sosialisasi dan penanaman pemahaman kehidupan berbangsa bernegara serta bermasyarakat harus terstruktur dan sesuai dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan bhineka tunggal ika, jika ini semua dijalankan selaras maka apapun terjangan dari pemikiran dan ide ide luar akan dapat mudah tersaring sesuai dengan kebutuhan masyarakat kita. Ujar Bang Dailami

Kita dapat memulai pembentengan guna menjalankan apa yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI dengan hal sederhana, yaitu dengan membaca buku-buku tentang perjuangan para pahlawan, lebih mencintai produk lokal dengan cara bangga menggunakan produk buatan local.

Selain itu kita juga dapat mempelajari dan mengetahui kebudayaan-kebudayaan yang ada pada daerah tempat tinggal masing-masing agar budaya tersebut tetap lestari dan tidak luntur atau bahkan hilang dimakan oleh zaman. Ini semua adalah tugas kita terutama para generasi berikutnya, agar tidak terjebak kepada budaya luar yang begitu terlihat mengasyikan dan mengoda, sehingga melupakan jati diri asli dari bangsa sendiri. Tutup Bang Dailami